Minggu, 29 Mei 2011

☾ ✩ langit malam ✩ ☾

Langit malam dipenuhi dengan ribuan titik cahaya yang berkelap-kelip di kegelapan. Sebagian besar titik-titik cahaya itu adalah bintang, matahari raksasa yang tampak sangat kecil karena begitu jauh letaknya. Sekitar 2000 bintang dapat dilihat dengan mata telanjang, tetapi lebih dari triliunan yang lain tersebar di ruang angkasa. Yang sedikit lebih terang dari bintang adalah beberapa planet yang mengelilingi Matahari, seperti Bumi kita. Lima dari planet-planet tersebut dapat dilihat dengan mata telanjang. Planet-planet itu tidak mempunyai cahaya sendiri, tetapi sangat dekat ke Bumi sehingga planet-planet tersebut memantulkan cahaya Matahari lebih terang dibandingkan dengan sinar bintang manapun. Benda yang paling terang dari segala benda di langit malam dan juga paling dekat dengan Bumi adalah Bulan.

Rasi bintang

Untuk mengetahui bagaimana cara bintang mengelilingi langit malam, para astronom membagi langit ke dalam 88 rasi bintang atau konstelasi. Banyak rasi bintang masih memakai nama makhluk dan pahlawan-¬pahlawan dari mitos Yunani kuno yang telah diberikan sejak zaman dahulu, seperti Orion Si Pemburu. Tidak ada hubungan khusus antar bintang-bintang dalam sebuah rasi bintang; bintang-bintang itu hanya tampak saling berdekatan di langit.

Langit di malam hari
Pola rasi bintang tampak tidak berubah sejak ribuan tahun yang lalu - meskipun ada beberapa bintang, seperti Polaris, yang telah sedikit berubah sejak zaman astronom Babilonia kuno pertama. Dengan mempelajari langit di malam hari, kamu dapat belajar mengenali bintang¬-bintang terang seperti Sirius, dan bahkan beberapa planet di Sistem Tata Surya kita, seperti Venus dan Yupiter, serta mengenal beberapa rasi bintang yang telah dikenal dengan baik.

♥ THANKS FOR READING. DON'T FORGET TO COMMENT .. ♥

0 kebaikan:

Posting Komentar