Rabu, 25 Mei 2011

Pesan Umamah binti al-Haris kepada Putrinya

Amr bin Hajar, Raja Kindah, meminang Ummu Ayyas binti ‘Auf. Ketika dia akan dibawa kepada suaminya, ibunya, Umamah binti Al-Haris menemui putrinya lalu berpesan kepadanya dengan suatu pesan yang menjelaskan dasar-dasar kehidupan yang bahagia dan kewajibannya kepada suaminya yang patut menjadi undang-undang bagi semua wanita. Ia berpesan :

Wahai putriku, engkau berpisah dengan suasana yang darinya engkau keluar dan engkau beralih pada kehidupan yang di dalamnya engkau naik untuk orang yang lalai dan membantu orang yang berakal. Seandainya wanita tidak membutuhkan suami karena kedua orang tuanya masih cukup dan keduanya sangat membutuhkannya, niscaya akulah orang yang paling tidak membutuhkannya. Tetapi kaum wanita diciptakan untuk laki-laki, dan karena mereka pula laki-laki diciptakan.

Wahai putriku, sesungguhnya engkau berpisah dengan suasana yang darinya engkau keluar dan engkau berganti kehidupan, di dalamnya engkau naik kepada keluarga yang belum engkau kenal dan teman yang engkau belum terbiasa dengannya. Ia dengan kekuasaannya menjadi pengawas dan raja atasmu, maka jadilah engkau sebagai abdi, niscaya ia menjadi abdimu pula. Peliharalah untukmu 10 perkara, niscaya ini akan menjadi kekayaan bagimu.

Pertama dan kedua, tunduk kepadanya dengan qona’ah, serta mendengar dan patuh kepadanya.

Ketiga dan keempat, memperhatikan mata dan hidungnya. Jangan sampai matanya melihat suatu keburukan darimu, dan jangan sampai mencium darimu kecuali aroma yang harum.

Kelima dan keenam, memperhatikan tidur dan makannya. Sebab terlambat makan memancing amarah dan gagalnya tidur itu membuat orang marah.

Ketujuh dan kedelapan, menjaga hartanya dan memelihara keluarganya. Inti perkara berkenaan dengan harta ialah perawatan dengan baik, sedang berkenaan dengan keluarga ialah mengaturnya dengan baik.

Kesembilan dan kesepuluh, jangan menentang perintahnya dan jangan menyebarkan rahasianya. Sebab jika engkau menyelisihi perintahnya, maka hatinya menjadi dongkol dan jika engkau menyebarkan rahasianya, maka engkau tidak merasa aman terhadap pengkhianatannya. Kemudian janganlah engkau bergembira di hadapannya, ketika dia bersedih dan jangan pula bersedih di hadapannya, ketika ia bergembira.

Maroji’ : Abu Hafs Usamah bin Kamal bin ‘Abdir Rozzaq, Panduan Lengkap Nikah (dari ”A” sampai “Z”)

sumber : disini

♥ THANKS FOR READING. DON'T FORGET TO COMMENT .. ♥

0 kebaikan:

Posting Komentar